Kamis, 08 Oktober 2015

Manusia dan Cinta Kasih



Pada hakekatnya manusia tidak bisa dipisahkan dengan cinta dan kasih. Dalam kehidupannya manusia membutuhkan cinta dan kasih untuk menunjang kehidupannya. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Cinta macam-macam bentuknya ada cinta orang tua, cinta keluarga bahkan cinta kepada pasangan hidupnya. Jika tidak ada cinta dalam kehidupan manusia (itu berarti jomblo) mungkin manusia tersebut akan sesangsara seumur hidup. Karena dengan adanya cinta maka tidak hanya di lingkungan sosial tetapi di dunia akan tercipta perdamaian yang dapat dirasakan oleh seluruh manusia.
Cinta pada keluarga adalah contoh yang sangat sederhana. Cinta kepada orang tua, adik, kakak, sanak saudara jika mencintai mereka semua maka akan menemukan keindahan hidup di dunia. Karena dari kelurga-lah seseorang mungkin baru belajar memahami arti cinta sesungguhnya. Cinta dari kelurga timbul dari semenjak kita lahir didunia, cinta yang diberikan ibu ketika melahirkan kita, cinta seorang ayah yang mampu merawat dan menafkahi kita sampai kita dewasa, dan cinta lain yang diberikan orang tua yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Cinta tidak terlepas dengan kasih. Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Dengan saling mengasihi satu sama lain maka akan timbul juga rasa cinta. Macam-macam kasih banyak bentuknya, contohnya kasih dari orang tua. Semenjak kita lahir kita telah mendapatkan kasih sayang dari kedua orang kita. Ibu yang selalu menggendong ketika kita menangis, ayah yang selalu mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan masih banyak lagi. Kita sebagai sebagai manusia yang sudah dewasa harus selalu bersyukur karena kedua orang tua telah membesarkan kita sampai saat ini. Itu adalah salah satu contoh kecil bentuk kasih, saya rasa masih banyak lagi bentuk kasih yang lainnya. Jika cinta dan kasih tumbuh dalam setiap diri manusia, damailah dunia ini.
Sumber  :
  https://id.wikipedia.org/wiki/
  https://abdulgani84.wordpress.com/2011/04/29/kasih/
  https://sandisanjaya.wordpress.com/2012/04/25/keindahan-dan-contohnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar